Usaha Dan Bisnis Informatika Dalam Bidang Social
Beberapa contoh dari bisnis informatika yaitu:
1. E-commerce
Istilah ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di kalangan bisnis dan
informatika. karena e-commerce ini merupakan suatu suatu usaha yang berkaitan
dengan jual beri produk dengan menggunakan media online (internet). Seperti
yang sudah dikenal banyak orang saat ini yaitu tokobagus.com, amazon.com,
lipposhop.com, dan beberapa situs lainnya. Selain itu, online shop yang banyak
di jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter juga termasuk ke dalam
contoh e-commerce.
Dalam berbelanja secara online ini tentunya memiliki dampak positif dan
negatif. Secara positif kita hanya tinggal membuka internet, memesan, transfer,
beres lah sudah berbelanja. namun negatifnya yaitu ada saja oknum-oknum yang
jahat yang berniat menipu, ataupun gambar tidak sama dengan aslinya. dll
2. Jasa
Warnet
Tidak asing lagi bukan dengan warnet ? hampir di setiap ruas jalan ada
warnet. inilah salah satu contoh sudah maraknya internet di kalangan
masyarakat. Jasa warnet ini pun termasuk ke dalam contoh bisnis informatika,
karena di warnet menyediakan jasa game online, browsing, chating dan hal
lainnya yang tentu saja menggunakan teknologi informatika yaitu internet.
3. Smart card
Yaitu salah satu contoh dari pengembangan teknologi
informasi yang di implementasi ke dunia kesehatan. Pada umumnya masyarakat
menginginkan suatu pelayanan yang nyaman, aman, cepat, fleksibel dan
terorganisir dengan baik. Sehingga keamanan data informasi dapat terjaga dengan
baik dan aman.
Pada dasarnya prinsip kerja Smart Card atau kartu pintar elektronik ini
tidak jauh berbeda dengan pemakaian kartu kredit ( ATM ) yang banyak di gunakan
bank. Dengan di dukung ketersediaan suatu memori penyimpan data komputer dengan
chip microcontroller maka kartu ini dapat memproses segala data yang telah di
simpan di sertai sistem keamanan dengan kata sandi atau kode akses atau pemilik
yang pada umumya bersifat rahasia.
4. Penggunaan
“Web”
Sebagai media pemasaran, misalnya web penjualan
alat-alat rumah sakit seperti jarum suntik, infus, obat dan lain sebagainya. Di
sini suatu instansi atau perusahaan dapat menggunakan media informasi dengan
menggunakan teknologi komputerisasi dalam pemasaran hasil produk yang di kelola
olehnya. Hal itu juga merupakan suatu cara untuk menarik pelanggan yaitu dengan
menunjukkan suatu citra tersendiri dengan mekanisme dagang yang berkualitas dan
dapat di sampaikan dengan baik kepada pelanggan.
Dalam E-business juga perlu kita perhatikan tentang
sistem yang digunakan untuk mengelola hasil produksi yang akan dipasarkan
menggunakan media web pada internet. Yaitu dengan memperhatikan perencanaan
investasi teknologi, sehingga dapat menarik investor untuk dapat bergabung
dalam pengembangan usaha secara bertahap dari pengguna jasa E-business itu
sendiri. Dengan demikian akan terjadi hubungan antar pelaku bisnis dengan
memanfaatkan teknologi telekomunikasi.
sumber:http://faris6593.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-semester-7-gunadarma.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar