Selasa, 12 November 2013

Aplikasi New Media


1.     Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring soial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak. Instagram dapat digunakan di iphone, Iphad atau iPod touch versi apapun dengan sistem operasi iOS3.1.2 atau yang terbaru dan telephone kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Plya. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

Fitur-Fitur Instagram 

Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.
Unggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang hendak ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.

Kamera 
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. 

Efek Foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek-efek yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah foto. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin. Namun tepat pada tanggal 20 September yang lalu Instagam telah menambahkan 4 buah efek terbaru yaitu; Valencia, Amaro, Rise, Hudson dan telah menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham dari dalam fitur tersebut.

Judul Foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke halaman selanjutnya, dimana foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram sendiri ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Dimana di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk mengunggah pada jejaringan sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut.

Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dimana para penggunanya dapat menyinggung pengguna lain yang juga, dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Para pengguna dapat menyinggung pengguna lainnya dengan memasukkan akun Instagram dari pengguna tersebut. Pada dasarnya dalam menyinggung pengguna yang lainnya, yang dimaksudkan adalah untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.

2.      Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh facebook.inc Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Fitur-fitur Facebook  

Message and inbox  
Sejak Facebook didirikan, mereka telah mengizinkan pengguna mengirim pesan satu sama lain. Seorang pengguna Facebook dapat mengirimkan pesan ke siapapun sekali waktu. Menghapus pesan dari kotak masuk seseorang tidak menghapusnya dari kotak masuk pengguna lain, serta mencegah pengirim mengirim ulang pesan yang dikirim olehnya.

Unggah File
Dalam penggunaan facebook kita dapat sharing data lebih mudah karena adanya tempat untuk Upload file.

Status Update 
Facebook memiliki fitur bernama "status updates" (atau "status" saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
 

Unggah gambar
Pada facebook disediakan alternative untuk upload gambar yang bertujuan untuk saling kenal-mengenal antar sesame pengguna facebook.

Wall
Dinding adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis. 

Kelebihan facebook adalah:
  1. Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah. 
  2. Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto. 
  3.  Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak. 
  4.  Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online. 
  5.  Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
  6. Proses request friend yang tidak ribet, untuk merequest cukup dengan meng-add dan memasukan kode captcha(security code) saja.
  7. Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.
  8. Memiliki fasilitas Privacy Setting, kamu bisa mengeset siapa saja yang boleh mengakses informasi di profile kamu, dan siapa yang tidak diperbolehkan.
Kekurangan facebook adalah :  
  1. Uncustomize, artinya facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.
  2. Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat, untuk itu mendingan kamu sesuaikan saja aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak. 
  4. Fitur chat yang masih sangat sederhana.
  5. Banyak user facebook lama(old facebook) yang tidak menyukai tampilan facebook yang baru.
3.   Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan migroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karekter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antar muka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Fitur-fitur Twitter.

Kicauan (Tweet) 
Secara standar, kicauan (tweet) pengguna dapat terlihat oleh umum, namun pengguna dapat membatasi pengiriman kicauan hanya bagi pengikut mereka. Pengguna bisa "berkicau" melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (seperti untuk telepon pintar), ataupun melalui layanan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. 

Aplikasi dan seluler 
Ada banyak layanan dan aplikasi klien Twitter yang bisa digunakan untuk menambahkan dan memantau konten, ataupun untuk mengirim dan membalas kicauan, di antaranya adalah Telly (layanan berbagi video, dulunya bernama Twitvid), TweetDeck, Salesforce.com,, dan Hotsweet Twitterfeed. 

Topik Hangat
Sebuah kata, frasa, atau topik yang lebih banyak dibicarakan daripada topik lainnya disebut dengan topik hangat/tren (trending topics). Suatu topik bisa menjadi tren karena adanya upaya terpadu oleh pengguna, ataupun karena adanya suatu peristiwa yang mendorong orang untuk membicarakan satu topik tertentu.

Kelebihan twitter adalah : 
  1. Alat komunikasi yang cepat dan tanggap. 
  2. Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.
  3. Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS. 
  4. Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana. 
  5. Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, sehingga bisa menguntungkan penggunanya. 
  6. Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya. 
  7. Bebas dari banner iklan 
  8. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
  9. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman 
  10. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir 
  11. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
  12. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka 
  13. Banyak aplikasi lain maupun widget yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll) 
  14. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel 
  15. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan. 
  16. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kekurangan twitter adalah: 

Terbatas hanya bisa menuliskan teks 140 karakter.
Mudah disalahgunakan untuk melakukan spam.
Belum jelas bagaimana strategi monetisasinya.
Tidak bisa mengelompokkan mana teman, keluarga, atau orang lain.
Tidak dapat menulis informasi profil lengkap pemiliknya.
Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya 
Lebih menekankan pada penghitungan follower  
Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan 
Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

4.      Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi vidio yang dibuat oleh tiga mantan karyawan peypal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash vidio dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan Vidio muik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog vidio, video orisinal pendek, dan video pendidikan. 

Fitur-Fitur Youtube 

Playback
Menonton video-video YouTube di komputer pribadi membutuhkan plug-in Adobe Flash-player yang terpasang di penjelajah web. Plug-in Adobe Flash Player adalah bagian perangkat lunak yang paling lazim terpasang di komputer pribadi dan mencakup 75% video di Internet.

Pengunggahan 
Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon genggam).

Kualitas dan codec 
YouTube awalnya menawarkan video dengan satu level kualitas, yaitu resolusi 320x240 piksel dengan codec Sorenson Park (varian dari H.263) with mono MP3 audio.  

Vidoe 3D 
Dalam sebuah video yang diunggah tanggal 21 Juli 2009, teknisi perangkat lunak YouTube Peter Bradshaw mengumumkan bahwa pengguna YouTube sekarang bisa mengunggah Video 3D.

Kelebihan Youtube 
  1. bisa melihat dan mengupload video yang kita suka 
  2. sebagai ajang promosi diri 
  3.  bisa mendownload setiap video
  4. bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat 
  5. ukurannya ada yang HD, bisa di download 
  6. videonya banyak

Kekurangan Youtube 
  1. bisa disalahgunakan penggunanya 
  2. banyak informasi yang menyesatkan
  3. banyak negara yang memblok Youtube 
  4. Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload 
  5.  gambarnya tersendat sendat  
  6. banyak video dengan kualitas buruk 
  7. tidak cocok untuk slow conection  
  8. tidak bias download secara langsung
5.     Google+

Google+ atau Google Plus adalah Jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak. 

Fitur-Fitur Google+ 

Circles: memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi,across Various google product And service. Meskipun pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka 

Messenger: (sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles. 

Hangouts: adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut. 

Instant Upload: khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti 
Sparks: adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik. 

Streams pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.

Games:  16 permainan telah dirilis pada bulan Agustus.

Kelebihan Google+ 

  1. Tidak berat   
  2. sedikit spammer   
  3. Link hidup tidak dihitung inbound link, karena komentar Google+ di-load dengan javascript.  
  4. Fitur reply yang lebih bagus
Kekurangan Google+ 
  1. Tidak semua pengunjung bisa berkomentar, karena yang bisa berkomentar adalah pengunjung yang mempunyai Akun Google+.. 
  2. Tidak bisa mencari backlink menggunakan komentar Name/Url lagi. Jadi para pemburu backlink akan menurun  
  3. Para pengguna HaPe (handphone) tidak bisa berkomentar, seperti saya ini. Tidak bisa berkomentar di blog yang menggunakan komentar google
Keunggulan dan Daya tarik 
Dari ke 5 aplikasi New media diatas yang paling saya unggulkan adalah Twitter, alasannya adalah: 
  1. Update beritnya sangat cepat 
  2. Dapat diakses dengan mudah 
  3. Bebas dari baner iklan 
  4. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap 
  5. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
Contoh Real aplikasi media
  1. Pada youtube contoh real-nya adalah: cuplikan Video 
  2. Pada facebook contoh real-nya adalah: chating dengan teman 
  3. pada twitter conth real-nya adalah: saling mantion dengan teman


Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Instagram#Fitur-fitur_Instagram
http://id.wikipedia.org/wiki/Fitur_Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Youtube
http://blognyakrishna.blogspot.com/2011/02/kelebihan-dan-kekurangan-youtube.html
http://mbetotong.blogspot.com/2013/07/kelebihan-dan-kekurangan-menggunakan.html
http://www.bangmu2.com/2013/06/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-dan.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar